Seleksi Peserta Senam dan Tari MTsN 4 Kulon Progo Hadapi Festival Pramuka Jogja 2023

Kulon Progo (MTsN 4 KP)_ Seleksi peserta senam dan tari diselenggarakan oleh Tim seleksi MTsN 4 Kulon Progo pada Jumat pagi (7/6) di halaman madrasah. Seleksi diikuti oleh sebagian siswa madrasah puteri dan putera untuk memilih siswi dan siswa terbaik sebagai duta Festival Pramuka Jogja (FPJ) 2023 pada Sabtu, 15 hingga 16 Juli mendatang.
Seleksi dilakukan untuk memilih satu regu senam kelompok puteri dan putera untuk menampilakan senam dan tari. Sebagai yuri adalah pembina pramuka dan guru tari.

Menurut Waka Kesiswaan sekaligus pembina pramuka, Lukman Khakim, S.Pd menjelaskan bahwa Kegiatan Festival Pramuka Jogja 2023 diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah DIY. Kegiatan ini mengusung tema “Green and Circular Economy” yang merupakan pengejawantahan perwujudan peran Gerakan Pramuka sebagai aktor perubahan dalam pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi dalam kegiatan kemasyarakatan.

Festival itu merupakan kolaborasi Gerakan Pramuka Kwartir Daerah DIY dengan berbagai mitra swasta dan negeri, serta masyarakat. Lebih lanjut Lukman menjelaskan bahwa rangkaian FPJ diawali dengan Workshop, Cerdas Cermat Budaya Istimewa DIY, kreativitas pioneering, panembrana, senam pramuka istimewa, fotografi, reportase, Bazaar dan pameran UMKM, serta Bakti Masyarakat. Sementara itu MTsN 4 Kulon Progo mengikuti cabang Senam Pramuka Istimewa DIY.

Sementara itu guru tari, Ika Tri Wahyuni, S.Pd sebagai tim seleksi utama menjelakan bahwa seleksi dilakukan pada keluwesan, ketepatan gerakan, irama dan power. Ika juga mengatakan bahwa senam itu membutuhkan kekompakan juga. Oleh karena itu sinergi antar peserta sangat penting, sedangkan seleksi tari dipersiapkan untuk pentas seni.

Kepala MTsN 4 Kulon Progo, Nurhayanti, S.Pd., M.Sc yang membersamai kegiatan seleksi mengatakan “ Anak-anakku, seleksi ini merupakan bagian awal untuk kalian terpilih sebagai peserta dalam ajang Festival Pramuka Jogja, sebuah kegiatan kreatif dan rekreatif yang digelar Kwarda DIY. Silakan diikuti dengan totalitas mengerahkan kemampuan kalian. Semangat dan semoga kalian yang terpilih dapat membawa harum madrasah kita, bagi yang belum terpilih jangan berkecil hati, banyak kesempatan untuk berbagai kompetisi sesuai kemampuan kalian”.

Lebih lanjut, Nurhayanti turut menyimak kegiatan dan menyuport siswa yang tetap bersemangat meskipun kabut tebal dan cuaca agak gerimas disertai suhu yang sangat dingin. Seleksi dilanjutkan di serambi masjid karena hujan mengguyur halaman madrasah. (nhy)

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. Bismillah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *